SEJARAH DAN KERAMAIAN PELABUHAN MERAK

ILOVECILEGON.CO - Pelabuhan Merak adalah Pelabuhan yang dibangun pada tahun 1912 oleh Hindia Belanda. Pelabuhan ini salah satu pelabuhan di Banten yang masih aktif beroprasi, dan selalu ramai menjelang Mudik Lebaran, Semua orang dari berbagai penjuru yang ingin menyebrang ke Bakauheni memadatkan pelabuhan ini.

Merak dijadikan sebagai lokasi pelabuhan, tidak terlepas dari dari beberapa pertimbangan; Pertama, karena keadaan geografis di Merak sangat memungkinkan untuk menjadi sebuah pelabuhan sebab secara alami didukung oleh palung laut serta adanya pulau-pulau yang dapat menahan hempasan ombak dari Samudera Hindia yang masuk ke Selat Sunda.

Kedua, karena jarak yang dekat itulah maka otomatis jarak tempuh menjadi semakin dekat. memandang hal ini sebagai keuntungan dalam ekonomi maupun politik.

Ketiga, posisi Merak waktu itu jika dilihat dari ketersediaan sarana transportasi sangat berdekatan dengan Pulau Sumatera dibandingkan dengan daerah lainnya di pantai Utara di Pulau Jawa yaitu sejauh 105.79 Km dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Panjang.

Pemandangan yang bisa kita saksikan sepanjang jalan Cilegon-Serang menjelang dan sesudah lebaran adalah lalu lalang kendaraan roda dua dan roda empat yang mudik dan balik melalui pelabuhan merak-banten. | Adi Sudrajat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama