Mengenang Si Binatang Jalang; Chairil Anwar dalam Kata, Nada dan Rupa.

ILOVECILEGON.CO - Menarik untuk diamati ketika sejumlah orang berbondong-bondong datang menikmati sajian hiburan ulang tahun Kota Cilegon yang ke-18 di jantung Kota, namu diwaktu yang bersamaan jumat malam, 28 April 2017 Pukul 19.00 wib bertempat di Omah Blirik sejumlah orang riuh ramai menghadiri acara bertajuk Mengenang Si Binatang Jalang Chairil Anwar yang di gagas oleh komunitas Perpustakaan Jalanan Cilegon.


Lapak Buku Perpusjal

Acara Mengenang Si Binatang Jalang Chairil Anwar ini merupakan kegiatan lanjutan dari empat kegiatan sebelumnya yang telah dilakukan oleh teman-teman Perpustakaan Jalanan Cilegon.

Kegiatan yang mengekspose penyair kenamaan Indonesia angkatan 45 Chairil Anwar ini dikemas dalam tiga acara besar yaitu pembacaan pusi, musik akustik dan pameran seni visual. Acara ini melibatkan kurang lebih 26 partisipan yang terdiri dari pembaca puisi: Muhamad Rois Rinaldi, Arton Ricardo, Fifit Fortin, Roseita Ita, Venny Yulianti, Fitri, Irfan, Ega Eryani Setya, Mega, dan Nurlina Putri.  


Pembacaan Puisi
Band musik akustik: The Petunjuxxx, Valiant Kullo, Jamminon, Esok_musik, Onlymeet, Kuyut, Atata, Super one girls, Flower for viona, dan Station of Blirik. Tampilan musik akustik dengan berbagai genre seperti pop, reggae, blues, dan rock menjadikan acara ini semakin menarik dan mendapatkan banyak applause dari penonton.

Hal ini terlihat dengan riuh ramainya para pengunjung yang menikmati acara Mengenang Si Binatang Jalang Chairil Anwar.


Suasana Acara
Tidak hanya partisipan pembaca pusi dan musik akustik namun terdapat pula partisipan pameran seni visual yang terdiri dari: Rizunoart, Happypencilart, Swaaarini dan Omah Blirik Crew dan Kameramanual yang menampilkan berbagai karya manual lukis, drawing, doodleart, sketsa, isntalasi, digitalart dan fotografi menggunakan kamera manual. 

Pembacaan Puisi Sastrawan Muda Cilegon

Pengunjung yang datang dalam acara ini sangat dimanjakan dengan berbagai suguhan yang membuat mereka nyaman seperti aksi Perpustakaan Jalanan Cilegon bersama Perpustakaan Terbuka UNSERA yang membuka lapak buku koleksinya untuk dibaca gratis di tempat. Mulai dari buku biografis tokoh terkenal, novel, seni, budaya, sosial, filsafat dan politik, sampai komik disajikan dalam lapak buku tersebut.


Akustikan

Sosok Chairil Anwar merupakan penyair ternama di Indonesia akngkatan 45 yang memilik karya-karya sastra cukup terkenal seperti puisiya yang  berjudul Aku dan Karawang Bekasi. Penggunaan kata-kata yang lugas, sederhana dan sedikit fulgar menjadi ciri khas yang unik disetiap karya-karya puisi Chairil Anwar. Sosok Chairil yang sengaja diangkat dalam acara ini sebagai sebuah tema besar oleh teman-teman Perpustakaan Jalanan Cilegon merupakan pilihan yang tepat.

Menurut Boim Lesmana selaku founder Perpustakaan Jalanan Cilegon, Chairil Anwar merupakan sosok sastrawan yang secara personal jarang sekali diangkat untuk dikenang dan diabadikan dalam sebuah acara seni dan budaya di Kota Cilegon. Hal ini yang kemudian menjadi dasar mengapa Perpustakaan Jalanan Cilegon bekerjasama dengan Omah Blirik mengadakan acara bertajuk Mengenang Si Binatang Jalang Chairil Anwar di Kota Cilegon pada jumat malam 28 April 2017.


Pembawa Acara / Host
Gagasan yang telah direalisasaikan oleh teman-teman Perpustakaan Jalanan Cilegon ini seharusnya dapat terus berkelajutan dikemudian hari, agar para pecinta sastra, seni dan musik mendapatkan hiburan yang sedikit berbobot dan berkualitas serta dapat menjadi satu sumber daya tarik pariwisata bagi pekerja-pekerja asing maupun pelancong domestik dan internasional yang singgah di Kota Cilegon. 

MC dan Perwakilan Media Partner

Acara-acara seperti ini seharusnya sudah mulai menjadi agenda utama bagi pihak stakeholder dan beberapa komunitas sastra, seni rupa dan musik di Kota Cilegon agar gaungnya dapat terdengar luas layaknya kegiatan-kegiatan seni budaya yang dilakukan di Kota Jogja, Solo, Bandung, dan Bali. Demikian sedikit tulisan singkat penulis tentang acara yang bertajuk Mengenang Si Binatang Jalang Chairil Anwar yang digagas oleh Perpustakaan Jalanan Cilegon. Salam Budaya. Emmanuel Putro P

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama