RUMAH BACA CAHAYA MENGUATKAN LITERASI DI CILEGON

ILOVECILEGON.CO - Pergerakan literasi di Kota Cilegon tengah berada pada tahap yang menggembirakan. Makin hari, aktivitas keaksaraan di kota yang dikenal dengan industri bajanya ini makin geliat dengan tumbuh suburnya pelbagai komunitas literasi: taman bacaan masyarakat (TBM), klub baca, komunitas sastra, komunitas jurnalis pelajar, serta makin rajinnya komunitas teater melaksanakan kegiatan dan pertunjukan.

Sabtu (7/1) malam, Cilegon kembali kedatangan komunitas literasi baru dengan dibukanya Rumah Baca (RB) Cahaya yang berlokasi di Jl. H. Abdullah No. 60 RT 03/01 Link. Citangkil, Kel. Citangkil, Kec. Citangkil. Selain dihadiri anak-anak dan remaja sekitar, beberapa penggiat dan pemerhati literasi juga turut hadir mengapresiasi peresmian TBM ini.

Selain peresmian, malam yang hangat tersebut juga diisi oleh kegiatan musikalisasi puisi, deklamasi puisi, dan pemutaran film sejarah Kyai Haji Wasyid.

Robiyatul Adawiyah, Pendiri RB Cahaya, mengungkapkan bahwa sebelumnya pernah ada kegiatan seperti ini di rumahnya, baik itu pengajian anak bakda Magrib maupun belajar rutin di akhir pekan namun sempat terhenti karena beberapa hal.

“Saya mulai tergerak kembali ketika ada anak tetangga yang meninggal tenggelam di Waduk. Anak-anak main jauh dari rumah dan membahayakan nyawanya. Jika saja ada kegiatan positif untuk anak semacam rumah baca, mungkin tidak akan ada kejadian seperti itu,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Adi Sudrajat, pendiri RB 0254 yang juga berlokasi di Kecamatan Citangkil, mengungkapkan apresiasinya atas diresmikannya RB Cahaya. “Sangat mengapresiasi. Akhirnya, TBM di citangkil bertambah. Semoga konsisten dan madiri,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden Lentera Internasional, Muhammad Rois Rinaldi, mengungkapkan bahwa Kota Cilegon layak menjadi kota literasi. “Rasanya tidak berlebihan kalau saya mengatakan Cilegon kini layak disebut kota literasi. Terdapat sekitar empat puluh rumah baca aktif dan puluhan komunitas literasi. Selain itu, setidaknya ada ratusan penulis baik sastra maupun nonsastra dari berbagai latar belakang,” ujar pria yang juga Ketua TBM Bintang Al-Ikhlas.

Rois menambahkan, kehadiran RB Cahaya menggenapkan kekuatan literasi di Kota Cilegon. "Selamat atas dibukanya Rumah baca Cahaya. Selamat juga kepada Teh Robiyatul Adawiyah yang telah berhasil menyalakan cahaya baru malam ini. Semoga sabar menjaga cahaya yang telah dinyalakannya. Teranglah!” tukasnya. | Fajar Timur


Sejumlah anak-anak tengah menyaksikan Film Kyai Haji Wasyid pada acara Pembukaan Rumah Baca Cahaya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama