MIDB #23 APOLLO: FAKTA TENTANG PERJALANAN KE BULAN

ILOVECILEGON.CO - “Jar, ke Tupperware gak? Nebeng yah,” pesan BBM dari CEO ilovecilegon.co, Adi Sudrajat, mengingatkan saya bahwa malam ini ada diskusi mingguan Mencuri Ilmu dari Buku (MIdB) yang diselenggarakan rutin oleh Rumah Buku Cilegon tiap Kamis malam atawa Malam Jumat di Gedung Tupperware Cilegon. Kegiatan ini gratis loh, jadi Akang-Eteh boleh datang.

Tema yang disajikan minggu ini tentang Apollo dan penerbangan ke bulan dengan maling (pembicara) Arif Hidayat Adam atau yang biasa dipanggil Mang Ayip, sang astronom independen dari Adam and Sun project.
Nah, Akang-Eteh, berikut ini adalah fakta-fakta yang berhasil saya sarikan dari hasil diskusi tentang Apollo semalam (Kamis,12/1).

  1. Nama Apollo diambil dari mitologi Yunani. Apollo adalah dewa yang mengatur banyak hal: matahari, cahaya, kesembuhan, musik, dll.
     
  2. Program Apollo adalah manifestasi perang dingin Amerika dan Soviet (Rusia). Pasca-Perang Dunia ke II, terjadi teknologi antara Amerika dan Soviet. Dua negara ini beradu dalam bidang teknologi, khususnya dalam astronomi.
  3. Kalau di film ada Star Wars, di kehidupan nyata, ada Sky Wars. Dua negara adidaya ini berusaha menjadi yang pertama dalam menaklukkan bulan. Pada tahun 1968, Majalah Time pernah menjadikan hal ini liputan khusus dengan cover dua astronot/kosmonot tengah berlari menuju bulan dengan judul besar di bawahnya “Race for the Moon” atawa “Balapan ke Bulan”.
  4. Sebelum Apollo, proyek penerbangan ke angkasa dipiloti oleh hewan. Tercatat beberapa hewan mendahului manusia untuk mencicipi atmosfer seperti anjing, monyet, lalat, dll. Hewan yang pertama kali dijadikan pilot adalah anjing bernama Laika yang menaiki pesawat kapsul Sputnik II milik Rusia. Diberitakan Laika mampu bertahan di angkasa selama empat hari bahkan seminggu. Namun kemudian terkuak fakta bahwa Laika meninggal lima jam setelah lepas landas karena kepanasan.
  5. Roket Apollo 1 gagal lepas landas setelah meledak ketika prapeluncuran dan menewaskan tiga astronotnya.
  6. Apollo 1, dilanjutkan oleh Apollo 7. Tidak ada proyek Apollo 2 sampai 6. Di luar program apolo, ada lima penerbangan lain ke angkasa. Agar terkesan bersinabungan, maka dirunutlah sebagai satu kesatuan dengan Apollo.
  7. Apollo 7 merupakan roket berpenumpang manusia pertama dengan misi mengelilingi bumi. Tiga awaknya adalah astronot cadangan dari Apollo I.
  8. Apollo 8 adalah roket kedua berawak manusia sekaligus yang pertama meninggalkan orbit bumi dan mencapai orbit bulan.
  9. Apollo 11 adalah roket pertama yang sampai ke bulan dan mendaratkan para astronotnya:  Neil Armstrong, Edwin Aldrin, dan Michael Collins. Inilah pertama kalinya manusia menginjakkan kaki di bulan.
  10. Di internet beredar isu bahwa pendaratan Apollo 11 adalah konspirasi. Netizen beranggapan bendera Amerika yang ditancap tidak mungkin berkibar karena di angkasa tidak ada udara atau angin. Namun, nyatanya bendera yang ditancapkan menggunakan tiang berbentuk L agar kain bendera tetap membentang.
  11. Program dilanjutkan Apollo 12 sampai 17 dengan misi menjelajah dan mempelajari bulan.
  12. Program penerbangan ke angkasa dilanjutkan dengan misi investigasi planet Mars.



Nah Akang-Eteh, itulah tafi fakta-fakta Apollo yang berhasil dirangkum dari diskusi MIdB ke 23.
Sampai jumpa di MIdB selanjutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama