Legenda Masjid Sumpah Terate Udik



ILOVECILEGON - Ditengah hirup-pikuknya Kota Cilegon, ternyata masih banyak menyimpan cerita rakyat atau sejarah dari tempat-tempat yang ada di Kota ini.

Dari sekian banyak tempat yang memiliki sejarah dan cerita rakyat, salah satunya adalah Masjid Sumpah Terate Udik. Masjid yang terletak di Jalan Pangeran Jayakarta, Kampung Terate Udik, Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang.

Masjid ini berada di tengah-tengah perkampungan, memiliki bentuk bangunan  persegi panjang, jika dilihat dari bentuk bangunannya masih nampak kekunoannya. Hanya bangunan bagian belakang yang terlihat baru. Ada juga sedikit penambahan bangunan guna keperluan masyarakat setempat menunaikan ibadah di masjid ini.

Kesan kuno itu masih terlihat dari mahkota atau kubah masjid yang terbuat dari terakota seperti umumnya bentuk khas masjid-masjid kuno di Indonesia. Yang menarik dari Masjid Sumpah Terate Udik ini punya kisah legenda yang hingga kini masih tersimpan dalam benak warga sekitarnya. Sebuah legenda yang sudah mengakar di masyarakat Kampung Terate Udik dan daerah lain di Kota Cilegon yaitu adalah kisah para kiyai dan tokoh ulama pada masa lalu.

Masjid tersebut kerap dijadikan tempat untuk menentukan atau mendapatkan kata mufakat, serta berikrar mengucapkan sumpah.

Hingga saat ini, bila masyarakat menemui jalan buntu dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau perselisihan, maka Masjid Terate Udik inilah yang menjadi tempat untuk bersumpah. Dan bukan hanya masyarakat Terate Udik saja, tapi juga dari berbagai daerah di Cilegon maupun luar Cilegon. 

Bahkan Kisah Legenda Masjid Sumpah ini ada film pendeknya dan pernah ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi pada masa itu. Karenanya, kisah masjid sumpah terateudik ini kemudian banyak yang mengetahui tentang keberadaannya. | Adi Sudrajat

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama